Selasa, 08 Oktober 2019

RESUME SKRIPSI


1.COVER/SAMPUL
-JUDUL: PENDIDIKAN IBADAH PADA ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENTDI DUSUN NANGA EMBALOH KABUPATEN KAPUAS HULU
TAHUN 2018
-DI SUSUN: IRA SUNDARI:1131110081
-LOGO
-JURUSAN: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2017/2018
2.MOTTO: Anak-anak Adalah Asset Bukan Suatu Beban Karena Ketika Orang tua Meninggal MakaYang Paling Berhak Mensholatkan Adalah Anak Kita
3.ABSTRAK: IRA SUNDARI, Pendidikan Ibadah pada anak dalam keluarga single parent dusun nanga
embaloh kabupaten Kapuas hulu : Jurusan Pendidikan agama islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama islam negeri(IAIN)Pontianak 2018. Penelitian ini di latar belakangi pada anak dalam keluarga broken home di desa nanga embaloh dalam hal ini anak-anak mereka bisa memahami dan mengerti dalam mempraktekan pendidikan agama islam seperti mengaji sholat dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah di dusun nanga embaloh kabupaten Kapuas hulu. Hasil penelitian ini menyimpulkan pertama,bagaimana cara orang tua tanggal memberikan pendidikan Ibadah pada anak supaya anak menjadikan seorang anak yang soleh,berguna bagi bangsa dan Negara,yang kedua berakhlak baik dan santun.
4.DAFTAR ISI:
-Lembar pengesahan
-Persetujuan pembimbing
-Persembahan
-Abstrak
-Kata pengantar
-Daftar isi
-Daftar Tabel
-Daftar gambaran
-Daftar Lampiran
BAB I, Pendahuluan 
A.Latar Belakang
B.Fokus penelitian
C.Tujuan  penelitian 
D.Manfaat penelitian
1.Manfaat Teoritas
2.Manfaat praktis
BAB II, PENDIDIKAN IBADAH PADA ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENT
A.penelitian terdahulu
B.Kajian teori
1.pendidikan islam
2.keluarga single parent
3.jalur pendidikan agama islam
4.pendidikan islam dalam keluarga
5.pendidikan akidah dalam keluarga single parent
6.pendidikan akhlak dalam keluarga single parent
7.pendidikan ibadah dalam keluarga single parent
BAB III, Metode penelitian
A.jenis dan metode penelitian
B.sumber data
C.loksai penelitian
D.teknik pengumpulan data
E.teknik analisis data
F.teknik pemeriksaan ke absahan data
BAB IV, Paparan data dan pembahasan
A.gambaran umum lokasi penelitian
B.paparan data penelitian
C.temuan penelitian
D.pembahasan
BAB V, penutup
A.Kesimpulan
B.Saran
Daftar pustaka
Lampiran-lampiran
5. BAB-BAB: Bab I,pendahuluan
         Bab II, Pendidikan Ibadah pada anak              dalam keluarga single parent
          Bab III, Mertode penelitian
          Bab IV, Paparan data dan pembahasan
                        Bab V, Penutup
6.SUB-BAB : Bab I,  A.Latar belakang
                               B.Fokus penelitian
                               C.Tujuan penelitian
                               D.Manfaat pendidikan
 Bab II, A. Pnelitian terdahulu
           B. Kajian Teori                
Bab III, A. Jenis dan metode penelitian
 B.sumber data
 C.lokasi penelitian
D. Teknik pengumpulan data
E.Teknik analisis data
F.Teknik Pemeriksaan ke absahan Data
                    Bab IV,A.Gambaran umum lokasi penelitian
                                B.Paparan data penelitian
                                C.Temuan penelitian
                                D.Pembahasan
                     Bab V,A.Penutup
                                B.Saran
7. Daftar pustaka:
- Ahmad Tafsir,1991,Ilmu pendidikan dalam prespektif islam, Bandung: remaja Rusda karya.
-Hasan Basri,(2009), Filsafat pendidikan Islam.Bandung: CV Pustaka setia
-Ana Rosilawati,(2013), Ilmu Pendidikan Islam,Pontianak: Pontianak STAIN press
-Eneng Muslimah ,(2010),Ilmu pendidikan Islam,Jakarta : Diadit Media Cetak
-Nur Ahid (2010): Pendidikan dalam Prespektif  islam, Yogyakarta Pustaka Pelajar
-Lexy J.Moleong,2005,Metode Penelitian kualitatif Edisi revisi Bandung: Remaja Rusda karya
-Sugiyono, 2014, Memahami penelitian kualitatif ,Bandung: CV Alfabeta.
-Depdikbud RI,( dalam rianawati 1995), konsep ibu dalam pendidikan anak,Pontianak
-H.M .Arifin, 2008,Ilmu pendidikan islam.Jakarta.PT Bumi Aksara
-Dewi Asih, 2011, peranan orang tua dalam membina pelaksanaan Ibadah sholat siswa kelas VIII SMP Islam Ruhama ,Jakarta.
8. Kutipan/Teori
-menurut ahmad tafsir(1991:74)bahwa dalam islam. Orang tua bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya .
-Menurut Hasan Basri Pendidikan adalah pembinanaan akhlak manusia guna memiliki kecerdasaan membangun kebudayaan masyarakat  yang lebih mampu meninggalkan kesahteraan hidup.
-Menurut Ana Roswati (2013:6) pendidikan Islam adalah bimbingan ,jasmani,rohani,berdsarkan hukum-hukum agama Islam menuju. Kepada terbentuknya kepribadian  utama menurut ukuran-ukuran islam.
-Dalam bahasa arab pendidikan sering diistilahkan dengan”tarbiyah” yang berarti pendidikan(Eneng Muslimah 2010:1)
-Dr.Nur Ahid,2010:123. Semua perbuatan anak marupakan cermin dari irang tuanya atau berpangkal pada perbuatan orang tua itu sendiri
-Menurut Lexy J. Moleong 2005:3 Penelitian kualitatif adalah perosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dan lisan
-Menurut Sugioyono 2014:75 teknik komunikasi langsung adalah suatu usaha dalam pengumpulan informasi dengan mengajukan sejumlah pertanyaan secara lisan dan di jawab secara lisan.
-Dalam Rianawati,1995:92 sebagai berikut: Untuk membentuk pribadi-pribadi yang berakhlak mulia,pendidikan akhlak tidak saja memberikan pengertian akhlak,tetapi  dari mana pengertian yang mereka dapatkan itu mereka bisa melaksanakannya di dalam kehidupan sehari-hari.
-Menurut H.M Arifin, semua perbuatan anak merupakan cermin dari orang tuanya.
-Dalam ,dewi asih, 2011:26, menjelaskan bahwa ibadah adalah penghambaan dan penyembahan, mematuhi perintah Allah mendahulukan keinginan Allah dari pada ke inginan diri sendiri dan menjalankan hukum-hukum syariat.

9.foto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Kelas

  Nama    : Ikram Maulana Kelas    : PAI 4/E NIM     : 11901181   MANAJEMEN KELAS Assalmu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, berj...