Sabtu, 10 April 2021

karakteristik peserta didik

 

Nama   : Ikram Maulana

Kelas   : PAI 4E

NIM    : 11901181

Makul  : Magang 1

Karakteristik Peserta Didik

            Assalamu’alakim Warahmatullahi wabarakatuh, Allhamdulillah pada kesemptaan kali ini kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu kembali di tengah maraknya wabah yang masih menyebar di khlayak ramai, kita masih diberikan kesehatan untuk bertemu di blog ini yang mana pada kesempatan kali ini saya akan membawakan sebuah karya tulis ilmiah yaitu mengenai karaktersistik peserta didik seperti yang ada di judul pembahasan ini.

            Sebagai pembukaan saya akan memberikan beberapa pengertian dasar mengenai pembahasan kita kali ini mulai dari apa itu karakteristik, peserta didik, serta apa hubungan antara keduanya sehingga dapat menjadi aspek penting dalam suatu lembaga pendidikan dan juga jalannya suatu kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini kita khususnya bagi seorang calon pendidik pastinya harus mengetahui mengenai perkara ini, dikarenakan sebuah karakteristik peserta didik dapat mempengaruhi hasil dari kinerja seorang peseerta didik maupun bagi seorang pendidik. Hal ini juga dapat membatu seorang guru dalam mengajar kepada anak muridnya karena sebelum kita mengajar seorang murid kita harus mengetahui bagaimana sebuah karakteristik murid tersebut barulah setelah itu kita akan mudah dalam peserta didik tersebut. Nah jadi itulah pentingnya sebuah alasan bagi kita untuk mengerti kenapa memahami sebuah karakteristik seorang peserta didik merupakan sebuah hal yang amat penting.

A.        Pengertian Karakteristik

Tapi sebelum kita melihat lebih dalam mengenai karakteristik peserta didik kita juga harus mengetahui apa sih sebenarnya karakteristik itu?. didalam KBBI Karakteristik memiliki arti mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu. Maksudnya setiap individu didunia ini pasti memiliki sifat atau perwatakan didalam dirirnya yang berbeda-beda misalkan seorang tentara yang memiliki sifat tegas sedangkan perawat yang memiliki sifat halus dan santun, ini semua merupakan sebuah sifat atau perwatakan dari berbagai macam individu yang ada du dunia ini. Jadi para peserta didik yang kita ajari nanti pasti juga memiliki perwatakan yang berbeda-beda belum lagi peserta didik yang kita didik nanti berasal dari berbagai macam suku dan juga etnis yang mana ini akan menjadikan sebuah tantangan tersendiri terhadap seorang guru maupun calon guru dalam menghadapi seorang peserta didik, karena tidak semua anak yang menjadi peserta didik memiliki watak atau sifat yang baik dan sopan pasti ada saja anak yang memiliki watak keras kepala dan tidak mau diberitahu maka dari itu menjadi seorang guru kita harus tau cara menangkal hal semacam itu dan itu juga membuktikan bahwasannya memahami karakteristik peserta didik merupakan hal yang teramat berguna bagi seorang calon guru pada saat mengajar di sekolah suatu saat nanti.

B.        Pengertian Peserta Didik

Di samping itu kita juga harus mengetahui siapa dan apa itu peserta didik. Dilansir dari SILABUS.WEB.ID “Siswa atau yang biasa disebut dengan peserta didik merupakan salah satu dari komponen pendidikan yang tidak bisa ditinggalkan, karena tanpa adanya peserta didik tidak akan mungkin proses pembelajaran dapat berjalan. Peserta didik merupakan komponen manusiawi yang menempati posisi sentral dalam proses belajar-mengajar. Didalam proses belajarmengajar, peserta didik sebagai pihak yang ingin meraih cita-cita, memiliki tujuan dan kemudian ingin mencapainya secara optimal”. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

Menurut Sudarwan Danim (2010: 1) “Peserta didik merupakan sumber utama dan terpenting dalam proses pendidikan formal”. Peserta didik bisa belajar tanpa guru. Sebaliknya, guru tidak bisa mengajar tanpa adanya peserta didik. Oleh karena itu kehadiran peserta didik menjadi keniscayaan dalam proses pendidikan formal atau pendidikan yang dilembagakan dan menuntut interaksi antara pendidik dan peserta didik.

Sudarwan Danim (2010: 2) menambahkan bahwa terdapat hal-hal essensial mengenai hakikat peserta didik, yaitu:

1.      Peserta didik merupakan manusia yang memiliki diferensiasi potensi dasar kognitif atau intelektual, afektif, dan psikomotorik.

2.      Peserta didik merupakan manusia yang memiliki diferensiasi periodesasi perkembangan dan pertumbuhan, meski memiliki pola yang relatif sama.

3.      Peserta didik memiliki imajinasi, persepsi, dan dunianya sendiri, bukan sekedar miniatur orang dewasa.

4.      Peserta didik merupakan manusia yang memiliki diferensiasi kebutuhan yang harus dipenuhi, baik jasmani maupun rohani, meski dalam hal-hal tertentu banyak kesamaan.

5.      Peserta didik merupakan manusia bertanggung jawab bagi proses belajar pribadi dan menjadi pembelajar sejati, sesuai dengan wawasan pendidikan sepanjang hayat.

6.      Peserta didik memiliki adaptabilitas didalam kelompok sekaligus mengembangkan dimensi individualitasnya sebagai insan yang unik.

7.      Peserta didik memerlukan pembinaan dan pengembangan secara individual dan kelompok, serta mengharapkan perlakuan yang manusiawi dari orang dewasa termasuk gurunya.

8.      Peserta didik merupakan insan yang visioner dan proaktif dalam menghadap lingkungannya.

9.      Peserta didik sejatinya berperilaku baik dan lingkunganlah yang paling dominan untuk membuatnya lebih baik lagi atau menjadi lebih buruk.

10.  Peserta didik merupakan makhluk Tuhan yang memiliki aneka keunggulan, namun tidak akan mungkin bisa berbuat atau dipaksa melakukan sesuatu melebihi kapasitasnya.

 

C.        Pengertian Karakteristik Peserta Didik

Setelah kita mengetahui mengenai apa itu karakteristik dan juga makna dari peserta didik maka sekarang kita akan membahas mengenai karakteristik peserta didik. Dalam hal ini karakteristik peserta didik memiliki makna yang kurang lebih sama seperti penjelasan yang ada di atas hanya saja ini merupakan kedua hal tersebut yang mana membuat suatu pengertian yang berbeda dari kedua hal diatas yaitu Karakteristik berasal dari kata karakter yang berarti ciri, tabiat, watak, dan kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang yang sifatnya relatif tetap. Karakteristik peserta didik dapat diartikan keseluruhan pola kelakukan atau kemampuan yang dimiliki peserta didik sebagai hasil dari pembawaan dan lingkungan, sehingga menentukan aktivitasnya dalam mencapai cita-cita atau tujuannya. Informasi terkait karakteristik peserta didik sangat diperlukan untuk kepentingan-kepentingan dalam perancangan pembelajaran.

            Maka dapat kita ketahui dari penjelasan diatas bahwasaanya sebuah karakteristik peserta didik merupakan sebuah perilaku atau kemampuan yang di miliki seorang murid atau peserta didik dalam mencapai sebuah kemauan/ cita-cita yang ia inginkan dan juga hal itu dapat di pengaruhi oleh berbagai macam hal contohnya: pergaulan, pengaruh lingkungan, pemikiran, dan juga mental yang dimilki oleh seorang peserta didik sangat mempengaruhi karakter yang dimlikinya.

D.        Ragam Karakteristik peserta didik

            Dalam penjelasan kali ini kita akan melihat ragam dari sebuah karakteristik yang dimliki oleh peserta didik mulai dari etnik,kultural,status sosial,dan minat.

a.         Etnik

Indoneisa merupakan Negara yang dalam bidang pendidikan sudah bisa dikatakan cukup maju dan tidak ada batasan dalam hal menuntut ilmu karena alat trnasportasi yang semakin modern membuat orang dari berbagai daerah bisa berpindah-pindah lokasi dari satu kota ke kota lain yang mana akan mebuat sekolah menampung para pelajar yang berasal dari macam-macam daerah dan juga berasal dari berbagai macam suku pula pendidik dalam melakukan proses pembelajaran perlu memperhatikan jenis etnik apa saja yang terdapat dalam kelasnya. Data tentang keberagaman etnis di kelasnya menjadi informasi yang sangat berharga bagi pendidik dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Misalkan ada seorang guru yang ingin menyampaikan suatu materi bahan ajar kepada anak muridnya tetapi muridnya ada beberapa yang tidak mengetahui bahasa yang digunakan guru tersebut maka disinilah peran data etnis dari para murid digunakan agar memudahkan guru dalam menyampaiakan materi yang ingin disampaikan atau juga bisa menggunakan bahasa Indonesia jika guru tidak memahami bahasa yang digunakan oleh para siswa maupun siswi.

b.         Kultural

            Meskipun kita telah memiliki jargon Sumpah Pemuda yang mengakui bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Namun peserta didik kita sebagai anggota suatu masyarakat memiliki budaya tertentu dan sudah barang tentu menjadi pendukung budaya tersebut. Budaya yang ada di masyarakat kita sangatlah beragam, seperti kesenian, kepercayaan, norma, kebiasaan, dan adat istiadat. Peserta didik yang kita hadapi mungkin berasal dari berbagai daerah yang tentunya memiliki budaya yang berbeda-beda sehingga kelas yang kita hadapi kelas yang multikultural.

            Implikasi dari aspek kultural dalam proses pembelajaran ini pendidik dapat menerapkan pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural menurut Choirul (2016: 187) memiliki ciri-ciri: 1) Tujuannya membentuk “manusia budaya” dan menciptakan manusia berbudaya (berperadaban). 2). Materinya mangajarkan nilai-nilai luhur kemanusiaan, nilai-nilai bangsa, dan nilai-nilai kelompok etnis (kultural). 3) metodenya demokratis, yang menghargai aspek-aspek perbedaan dan keberagaman budaya bangsa dan kelompok etnis (multikulturalisme). 4). Evaluasinya ditentukan pada penilaian terhadap tingkah laku anak didik yang meliputi aspek persepsi, apresiasi, dan tindakan terhadap budaya lainnya.

c.         Status Sosial

            manusia didunia ini diberikan rizki yang berbeda beda oleh tuhannya maka dari itu didalam kehidupan sosial ini kita memilki status sosial yang berbeda-beda dari satu individu dengan individu lainnya. Maka hal ini yang buat status sosial seorang peserta didik berbeda-beda, ada yang kaya, ada yang standar, dan ada juga yang kondisi finansialnya menghadapi kekurangan . Dilihat dari latar belakang pekerjaan orang tua, di kelas kita terdapat peserta didik yang orang tuanya wira usahawan, pegawai negeri, pedagang, petani, dan juga mungkin menjadi buruh. Peserta didik dengan bervariasi status ekonomi dan sosialnya menyatu untuk saling berinteraksi dan saling melakukan proses pembelajaran. Perbedaan ini hendaknya tidak menjadi penghambat dalam melakukan proses pembelajaran. Namun tidak dapat dipungkiri kadang dijumpai status sosial ekonomi ini menjadi penghambat peserta didik dalam belajar secara kelompok.

d.         Minat

            maksud minat disini adalah suatu hal yang lebih disukai atau suatu rasa ketertarikan yang lebih dimiliki oleh para peserta didik terhadap suatu hal/aktivitas. Atas dasar hal tersebut sebenarnya minat seseorang khususnya minat belajar peserta didik memegang peran yang sangat penting. Sehingga perlu untuk terus ditumbuh kembangkan sesuai dengan minat yang dimiliki seorang peserta didik. Namun sebagaimana kita ketahui bahwa minat belajar peserta didik tidaklah sama, ada peserta didik yang memiliki minat belajarnya tinggi, ada yang sedang, dan bahkan rendah.

KESIMPULAN

            Adapun kesimpulan yang dapat saya ambil dalam pembahasan kali ini adalah karakteristik peserta didik merupakan hal penting yang harus diketahui oleh para guru ataupun calon guru karena hal ini sangat berguna dan membantu mereka dalam mendidik para siswa maupun siswi yang belajar di lembaga yang mereka ajar entah itu madrasah atau sekolah negeri. Adapun hal penting yang bisa dipelajari dari karakteristik peserta didik adalah kita bisa mengetahui apa program mengajar yang cocok bagi murid kita dikarenakan perbedaan etnik, minat, status sosial, dan kultur yang dimiliki para siswa itu berbeda-beda maka program mengajar yang harus dikembangkan oleh guru juga pasti akan berbeda-beda terhadap para siswanya, nah itu merupakan alasan mengapa hal ini penting bagi seorang calon guru maupun guru itu sendiri. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kita kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf jika masih banyak salah kata dan ketik didalam pembahasan kali ini karena kesalahan datangnya dari saya dan benarnya datang dari Allah SWT. Saya akhiri Sumassalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh.

Daftar Pustaka

https://www.silabus.web.id/pengertian-peserta-didik/

Hanifah hani, Susanti susi,&Adji aris setiawan. 2002. PERILAKU DAN KARATERISTIK PESERTA DIDIK BERDASARKAN TUJUAN PEMBELAJARAN. Tangerang: Universitas muhammadiyah tangerang

Munawaroh Isniatun. 2021 Pembelajaran 2. Karakter Peserta Didik

https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Modul%20Bahan%20Belajar%20-%20Pedagogi%20-%202021%20-%20P2.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Kelas

  Nama    : Ikram Maulana Kelas    : PAI 4/E NIM     : 11901181   MANAJEMEN KELAS Assalmu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, berj...